Sunday, December 14, 2014

Saya excited setiap kali melakukan ini...

(Mailing list information, including how to remove yourself, is located at the end of this message.)
(Informasi mailing list ini, termasuk cara berhenti berlangganan (unsubscribe), dapat dilihat di akhir email ini.)

Akhir-akhir ini saya excited sekali dalam melakukan pekerjaan saya. Boleh dibilang
saya kecanduan melihat para worker/freelancer dengan antusias mem-bid project
yang saya pasang di projects.co.id. Jadinya setiap kali ada yang mesti dikerjakan,
pikiran saya yang pertama adalah "bisa nggak ya dioutsourcekan saja di 
projects.co.id ?". 

Dalam waktu yang tidak terlalu lama, saya mendapat belasan bahkan
puluhan penawaran (bid) dengan harga yang kadang-kadang menurut saya
"ajib". Tentu saja saya tidak memilih worker/freelancer yang layak
mengerjakan project saya hanya semata-mata berdasarkan harga penawarannya,
tetapi juga dari profil, portfolio dan feedback/rating/past historynya.

Pantas saja akhir-akhir ini saya sering mendengar teman-teman mengatakan
bahwa "freelancing is a new lifestyle." Mereka pantas berkata begitu 
karena kenyataannya, para pemberi pekerjaan (project owner), baik
yang pribadi maupun perusahaan, banyak yang mengoutsourcekan project.

Intuit 2020 Report memprediksi bahwa "traditional employment" tidak akan 
lagi menjadi standar, digantikan oleh pekerja lepas seperti para freelancer 
dan pekerja paruh-waktu. Trend jangka panjang terhadap perekrutan pekerja 
lepas akan berlanjut dengan kenaikan lebih dari 80% dari keseluruhan 
rencana korporasi-korporasi besar dalam meningkatkan secara substansial 
penggunaan akan tenaga kerja yang fleksibel.”

Berikut ini saya cantumkan "Langkah-Langkah Sederhana Mengoutsource
Pekerjaan" yang dikutip dari salah satu ebook saya "Rahasia Membangun
Kerajaan Bisnis dengan bantuan Bakat-Bakat Terbaik":

1. Tentukan pekerjaan/tugas yang ingin di delegasikan.

2. Tulis judul dan deskripsi yang jelas mengenai task tersebut dan apa yang
Anda (owner) harapkan. Dengan judul dan deskripsi yang jelas dan menarik,
Anda berharap worker-worker top akan merespon. Cantumkan dengan
jelas daftar skill yang harus dikuasai worker untuk menyelesaikan project ini
dan deadlinenya.Terkadang ada pekerjaan yang memerlukan tingkat
privacy tertentu karena Anda tidak mau mengungkap terlalu banyak mengenai
bisnis Anda. Dalam hal ini, Anda dapat menulis deskripsi yang samar-samar
dan memberitahukan worker bahwa Anda akan menjelaskan lebih lanjut jika
mereka menghubungi Anda.

3. Posting deskripsi project tersebut di www.projects.co.id.

4. Para worker akan memberikan penawaran/bid. Silahkan pilih satu satu
yang paling sesuai (dan menguntungkan) menurut Anda. Anda juga bisa
melakukan tanya-jawab dengan worker sebelum menerima bid mereka.
Perhatikan harga penawaran, rating (yang ditandai dengan jumlah bintang),
riwayat pekerjaan, kemampuan berkomunikasi dan contoh pekerjaan mereka
jika ada.

5. Titipkan dana sebesar total nilai proyek kepada PT Panonpoe Media
selalu pengelola www.projects.co.id melalui transfer bank (ATM,
Internet Banking, Teller Bank) atau kartu kredit.

6. Worker mulai mengerjakan project. Pada tahap ini, Anda dan worker
diharuskan berkomunikasi melalui www.projects.co.id demi keamanan
dan kenyamanan semua pihak. Jika terjadi perselisihan, pihak 
www.projects.co.id akan menilai dan menarik kesimpulan dari pembicaraan
tersebut tentang siapa yang salah dan siapa yang benar. Memilih untuk
berkomunikasi dengan worker tanpa melalui sistem/situs www.projects.co.id
sangat beresiko bagi Anda dan uang Anda karena jika terjadi perselisihan,
www.projects.co.id tidak dapat menarik kesimpulan dengan tepat
mengenai siapa yang benar dan siapa yang salah.

7. Anda mereview hasil pekerjaan yang dikirim oleh worker. 
Jika sesuai dengan permintaan Anda, Anda menandai bahwa project ini sudah
selesai. PT Panonpoe Media akan merelease uang titipan Anda kepada worker
sebesar nilai project dikurangi fee dalam jumlah kecil untuk PT Panonpoe Media
selaku pengelola www.projects.co.id.

8. Jika karena satu dan lain hal Anda berselisih dengan worker, tim arbitrase
www.projects.co.id --dengan mempelajari record pembicaraan Anda dengan worker--
akan memutuskan siapa pihak yang bersalah dan merelease dana Anda ke
pihak yang benar.

Dari penjelasan diatas, Anda akan mengetahui mengapa projects.co.id
"menjamin pekerjaan selesai atau uang kembali."

Pertanyaan? ide? saran? diskusi? Saya akan senang sekali mendengar
dari Anda. Kirim email Anda ke wiro at projects dot co dot id atau
mention saya di @wirohardycch
Saya tunggu ya :)

 

Pengingat: Anda berlangganan mailing list: projects.co.id - Prospect List ID menggunakan alamat email: bagiowijaya@gmail.com

Email ini dikirim dari: contact@projects.co.id
PT Panonpoe Media. Kompleks Permata Mekar Mulya Blok G No. 1, Bandung 40614, Jawa Barat. Telp: (022) 8788 2588

Harga produk, spesifikasi dan ketersediaan dapat berubah sewaktu-waktu. Meskipun diusahakan seakurat mungkin, tidak ada jaminan apapun bahwa informasi yang tersaji adalah benar dan tepat 100%.

Kelola Profil Anda » atau Berhenti Berlangganan (Unsubscribe) »

No comments:

Post a Comment