Wednesday, March 30, 2016

Mencari (dan menjadi) Freelancer: Cara Lama vs Cara Modern

 

Hai :)

Teman-teman mungkin sudah sering menggunakan jasa freelancer untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan: mendesain logo, membuat website, menulis artikel (content) untuk blog, mengupload produk ke marketplace atau bahkan yang lebih kompleks seperti membuat mobile apps untuk Android, iOS lengkap dengan backend-nya.

Selama ini sebagian besar teman-teman mungkin menggunakan cara "lama", yaitu memposting kebutuhan di forum-forum internet atau mailing list, namun cara ini tidak efektif, tidak praktis dan memiliki kelemahan mendasar.

"Tidak efektif" karena sebagian project owner (employer) dan freelancer sudah berpindah ke platform freelancing online dan tidak lagi "bergerilya" di forum-forum internet dan mailing list. Jadi adalah hal yang biasa mendengar cerita bahwa setelah berminggu-minggu, teman-teman employer tidak juga mendapatkan freelancer yang cocok meskipun sudah pasang job/projectnya di banyak forum internet.

"Tidak praktis" karena teman-teman employer harus aktif mencari dan ini jelas menghabiskan (banyak) waktu.

Cara lama juga "memiliki kelemahan mendasar" karena rawan penipuan dan rawan terjadi sengketa yang mengakibatkan kerugian baik kepada teman-teman sebagai employer (pemberi kerja) maupun bagi teman-teman freelancer.

Solusinya memang adalah menggunakan platform freelancing online seperti Projects.co.id yang menyediakan fasilitas penanganan sengketa (dispute), escrow dan sistem rating/feedback bagi para freelancer sehingga memudahkan teman-teman employer memilih mana yang bereputasi baik dan mana yang tidak.

Kami mengumpulkan 5 (lima) pertanyaan yang paling banyak diajukan oleh calon project owner mengenai apakah mereka seharusnya menggunakan platform freelancing online dan meninggalkan sistem pengrekrutan lama yang tidak efektif, tidak praktis dan rawan penipuan.

Klik di sini » untuk membaca artikel ini selengkapnya ya :)

 

Projects.co.id adalah pasar online untuk mencari freelancer berkualitas dan melakukan transaksi jual-beli produk digital dan jasa (services) dengan aman.

Disclaimer: meskipun diusahakan seakurat mungkin, tidak ada jaminan apapun bahwa informasi yang tersaji adalah benar dan tepat 100%.

 

Unsubscribe »

 

No comments:

Post a Comment